when i took a break

by - 12.49.00


Pernah nggak, sih, sedang menjalani hari, memperhatikan list yang harus dilakukan kemudian, lalu bertanya, "kenapa banyak sekali, ya? sebenarnya apa yang sedang kucapai?" rasanya seperti tersadar bahwa kita sudah keluar jalur.

aku pernah, baru beberapa hari yang lalu. setelah berhari hari sibuk tak menentu, seperti dikejar untuk mengerjakan ini, lalu itu. saat malam, malah melihat lagi list yang harus dilakukan besok, dan sebenarnya sedikit merasa kelelahan. list itu seperti tidak ada habisnya, bertambah sepanjang waktu. dan aku nggak berusaha mengurangi juga. 

awalnya, biasa saja dan merasa enjoy karena aku senang menjadi orang sibuk. aku menyenangi melakukan banyak hal. membuat ini itu, melakukan ini itu. belajar ini itu. malah kadang menambah lagi list yang harus dilakukan.

sampai akhirnya, di suatu hari, ketika semua pekerjaan sudah selesai. akhirnya, benar-benar merasa bebas untuk seharian. sambil melihat daftar pekerjaan selesai, lalu tiba tiba berpikir, sebenarya aku lagi mencari apa, sih?

sejenak aku tersadar bahwa selama ini aku hanya menambah nambah daftar pekerjaan. sebenarnya, tak ada yang benar benar didapatkan. aku fokus pada berapa banyak yang sudah kukerjakan, bukan berapa banyak hal yang sudah kupelajari. 

aku melupakan tujuanku yang dulu, kenapa tidak fokus pada satu, atau beberapa hal saja? kenapa jadi serakah ingin mencapai semuanya? lihatlah, kuantitas lebih besar dari kualitas dan itu nggak begitu berarti. 

mulailah aku kembali berbenah daftar pekerjaan. mengingat ulang apa yang ingin dicapai. merombak cara bekerja, dan berusaha fokus pada satu hal. aku menetapkan waktu tertentu ketika aku harus mengambil jeda. melakukan apa yang kumau.

dan sekarang, semuanya terasa baik, jauh lebih baik. 

notes: hai semuanyaaa, lagi mumet banget dan tiba-tiba aku nulis hahaha. kangen blog banget, aku masih nyoba nulis kalo ada ide, dan sekarang kepikiran bikin 2023 book recap? kayak semacam review buku-buku yang aku baca selama 2023. dan kayanya i will work for it, so inshaaAllah ditungguin aja yaa. enjoy your july y'all, assalamualaikum! 

You May Also Like

0 Comments